Blogger Widgets

Sabtu, 15 Desember 2012

Sepenggal Cerita Tugas Akhir.. "Arti dari Sebuah Proses"

Sebelum mulai ngoceh, gue pengen ngucapin selamat atas kelulusan temen-temen gue baik yang di UPH maupun di UK Petra yang telah berhasil lulus sidang skripsi.. HAPPY GRADUATION ! \m/ Khususnya buat sahabat gue Supri (nama disamakan) (maaf, maksud gue disamarkan) yang kisah perjuangannya demi skripsi mengingatkan gue pada kisah hidup gue delapan bulan yang lalu.. "Apa yang terjadi waktu itu?" "Disimak ya".. *nyodorin pop corn sama es degan ijo*

Berawal dari perbincangan tak sengaja gue sama Supri menjelang tanggal 12-12-12, malam itu kita berdua tidak sedang meratapi status jomblo kita yang tak kunjung ter-upgrade menjelang kiamat atau ngomongin soal mundurnya Andi Mallarangeng dari kursi kementrian menjelang hari yang 'katanya' adalah hari penghakiman. Apalagi bahas pencalonan si raja bulu dangdut menjadi presiden. Maklum, gue orangnya alergi sama bulu.. Khususnya bulu pria lain. #Serius 


Bisa dibilang perbincangan gue sama Supri malam itu merupakan momen "Quality Time". Kok bisa yan ? Yap.. Dalam suasana dingin dan kondisi masih capek selesai ngantor,  gue meladeni obrolan si Supri yang sedang asik merokok di depan kamar kos gue. Dengan penuh kesadaran dan kewajaran sebagai jombloers, kita berdua mengawali perbincangan dengan membahas petualangan kita masing-masing menemukan seorang pacar idaman (liat ke langit mendung) #sigh #BerusahaOptimis.. 


Hhhmmm.. Dari pada nanti tulisan gue mulai gak fokus dan brosis pada penasaran, gue langsung masuk pada inti perbincangan gue malam itu sama si Supri.. Inti perbincangan kita berdua adalah tentang "Arti dari Sebuah Proses".. So, dalam tulisan ini gue bakal sharing pengalaman gue sama skripsi buat temen-temen semua. Bisa dibilang gue bakal curhat disini.. Selamat jadi tempat sampah.. Mihihihi.. 

"HAH !! Skripsi mantan lo itu ?! Dih, lo kangen sama dia yan ?!! Katanya udah move on.."


Mungkin ini interupsi yang bakal gue terima dari friends facebook dan followers twitter gue yang menikmati kegalauan gue di social media semasa gue masih pacaran sama skripsi.. 


#nowplaying Noah - Semua Tentang Skripsi.. :')


Oke dari pada berlama-lama mending kita langsung kembali ke delapan bulan yang lalu ketika gue masih mahasiswa tingkat akhir..


Here we go..


Bermula dari sikap cuek dan anggap remeh terhadap skripsi, perjalanan gue di tahap akhir sebagai mahasiswa menjadi kacau.. Tahap seminar proposal skripsi (bab 1 - 3) telah gue lewati dengan lancar dan buat gue itu mudah (karen berjalan lancar).. Hal itu membuat gue merasa sangat mampu menyelesaikan skripsi gue tanpa perlu mengeluarkan usaha besar. Gue mulai gak rutin konsultasi dosen pembimbing.. Fokus gue malah di gym, game, nonton, mabuk-mabukan dan pacaran.. Terkadang hati gue merasa tergerak untuk fokus nyelesein skripsi ketika melihat temen-temen gue sibuk dengan skripsi mereka masing-masing, hanya saja setiap kali duduk depan laptop pasti langsung lemes. Lemesnya itu kayak habis digebukin sama Nicole Bass dan Juliette Bergmann.. Lo semua pada gak kenal kan ? MENDING JANGAN !!!! Nih, cukup dengan fotonya gue yakin lo semua bakal setuju sama gue. 



#JLEB
Cuma bayangin disalamin sama mereka berdua aja udah pesimis drastis gue.. Hiiii.. Cukup Ryan ! Cukup ! *otak gue ngamuk dipaksa bayangin gituan*

Lanjoooott..

Bukan hanya depan laptop gue lemes, liat coretan revisi di lembaran skripsi pun gue langsung tertidur pulas.. Namun, setelah gue putus dari pacar gue. Ya, pacaran memang nyita waktu sama fokus gue banget. :@
Gue pun mulai lebih fokus dengan skripsi gue, gue merasa bersalah banget nyuekin skripsi gue yang mulai usang.. Gue pun mulai termotivasi melihat temen-temen gue yang fokus dengan skripsi mereka, dukungan orang tua gue juga menjadi penyemangat gue.. 

Nah, masalah pertama muncul ketika gue mulai mencari data kuisioner karena kebetulan sampel gue adalah pegawai outsourcing (pegawai kontrak) dari tiga perusahaan sehingga gue pung harus ngajuin permohonan ijin pengambilan data kepada ketiga perusahaan tersebut. Dan ijinnya itu baru diberikan setelah gue nunggu sebulan lebih! Dalam hati gue, "Oke gue masih punya sebulan lagi sebelum pengumpulan" Gue masih mencoba optimis dan dengan sabar gue bagiin kuisioner kepada seratusan lebih karyawan. 

Setelah data-data terkumpul dengan susah payah, akhirnya gue pun mulai ngolah semua data yang ada.. Saat olah data masih di tengah perjalanan, masalah kedua muncul. Ya, LCD gue tiba-tiba rusak tanpa sebab, semua data di laptop gak bisa digunakan. :') Gue pun jadi pesimis dan mood gue ngerjain skripsi seakan-akan terjun bebas trus hilang.. Singkat cerita, waktu pengumpulan tinggal dua minggu lagi.. Gue bersyukur punya sahabat-sahabat yang pengertian sama gue. Sahabat gue si Tole minjemi laptopnya ke gue. Gue mulai optimis.. Dan dengan berbekal hard copy bab satu sampai tiga, gue akhirnya mulai merampungkan bab empat gue. Sebelum masuk bab terakhir, gue pun ngembaliin laptop si Tole tanpa lupa menyimpan data-data skripsi gue yang masih di laptopnya ke dalam flashdisk. Gue masih tetap optimis karena bab terakhir hanya kesimpulan, saran dan itu bisa dikerjain di warnet. 

Nah, masalah ketiga muncul ketika flashdisk gue, tempat gue nyimpen semua data skripsi gue hilang saat waktu pengumpulan tinggal seminggu lagi.. Saat itu gue nangis. Tangisan gue bukan seperti tangisan Angie di pengadilan. Air mata gue netes sendiri meratapi nasib gue yang kacau pada saat itu. Gue pun berusaha diam di kamar kos dan coba untuk nenangin diri. 

Kemudian gue memberanikan diri telpon orang tua gue berniat ceritain semuanya.. 

Nah, Disinilah masalah keempat. Dengan harapan dapat penguatan dan solusi akan masalah gue, orang tua gue malah langsung curhat kalo keluarga kita lagi kena krisis ekonomi. Ya, ternyata kedua orang tua gue sedang kesulitan keuangan. Dan parahnya ternyata itu sudah terjadi sejak gue masih cuek dan gak peduli sama skripsi, malah fokus gue buang-buang duit mereka.. Air mata gue langsung menetes lagi mendengar curhatan orang tua gue, mereka selama ini gak ngomong ke gue soal masalah itu karena mereka gak mau buat gue khawatir.. Orang tua gue pun mutusin untuk ngurangin jatah bulanan gue demi ngumpulin biaya sidang dan wisuda gue nanti.. Niat untuk minta dibeliin laptop baru pun hilang seketika. Dalam hati gue hanya ada penyesalan dan penyesalan. #Nyesek 

Tanpa sempat gue curhat masalah skripsi gue, gue langsung nutup telpon. Saat itu gue ngalamin benar-benar yang namanya tekanan batin, bayangin aja saat lo sendiri, lo bingung akan masa depan lo, dan tempat lo berlindung juga rapuh.. Rasa bersalah gue terhadap orang tua yang susah payah berjuang demi kelulusan gue dan ketiga saudara gue yang juga lagi kuliah, melebur jadi satu dengan kegalauan gue akan skripsi gue yang hampir pasti gagal gue selesein. Belum lagi rasa malu gue sama semua temen-temen, keluarga dan dosen karena (buat gue) skripsi gue sudah gagal! :')

Sempat terlintas dipikiran untuk bunuh diri atau melarikan diri dari semua oraang yang gue kenal.. #Serius Ya, gue merasa gak siap dengan kesultan ekonomi yang dialami keluarga gue, gue sadar betul kalo gue adalah anak manja yang semuanya pasti ada ketika gue minta bahkan dikasih lebih.. Gue gak siap dengan semua celaan dari teman-teman maupun dari keluarga gue sendiri saat mereka tau skripsi gue gagal. Gue gak rela usaha gue demi skrips gue hilang begitu saja. Gue gak siap dengan semua masalah itu. Saat itu kalau ketemu temen-temen dan ditanyain soal skripsi, gue hanya bilang "santaiii" namun dalam hati gue merasa sudah gagal.. :')

Namun...

Tuhan memang gak diam meskipun kadang kita menjauh dari-Nya.. Dia selalu punya cara merangkul kita lagi.. :')
Bermula ketika gue curhat masalah gue kepada kakak perempuan gue yang sedang kuliah S2 di Jogja dengan harapan mungkin ada saran yang dia bisa kasih ke gue. Dengan simpati atas masalah-masalah yang gue alamin, dia pun mencoba kasih kekuatan ke gue.. Inti dari omongannya ke gue saat itu, 

"Den (dirumah gue di panggil Deni), coba saja dulu, coba.. Jangan nyerah karna tinggal seminggu, tapi bersyukurlah karna masih punya waktu seminggu. Andalkan Tuhan satu-satunya cara.. Gue yakin lo bisa.." 

Saat itu gue benar-benar merasa ditampar.. Gak tau dah penyesalan gue saat itu tingkat apa.. Yang pasti nyeselnya nyesek! Gue menyesal selama ini gue tidak pernah berharap pada Tuhan, gue ragu dengan pertolongan-Nya.. :')

"Tiap minggu gue gereja, gue melayani di gereja, ikut persekutuan pemuda tapi demi apa semua itu ?! Demi keeksisan gue doang ! Gue melayani hanya sebagai pencitraan ! Gue udah nyengsarain orang tua gue ! Gue terlalu sombong ! Dan... Ini resiko yang harus gue terima !

*dalam tidur air mata gue menetes* 

Perlahan gue bangun dari tempat tidur, gue berlutut dan berdoa. Gue akui semua kesalahan gue dan memohon pengampunan.. Tak lupa gue minta kekuatan untuk melewati masalah yang gue alami karna gue sadar betul, jika gue mengandalkan kekuatan gue sendiri maka usaha gue akan sia-sia. Gue gak mampu tanpa Tuhan.. :') 

Biasanya gue paling lama berdoa itu 10 menitan.. Tapi saat itu gue bisa berdoa hingga tiga jam. #MaklumBaruNyadarKaloDosaGueBanyak :') Setelah berdoa gue merasa lega banget, gue merasa beban gue menjadi lebih ringan.. Penyesalan gue berkurang, gue jadi semangat. Sambil ngehapus air mata, gue bergegas ke warnet, gue cari lagi data-data untuk bab empat gue. Pertolongan Tuhan pun nyata, saat gue balik ke kost, si Tole nawarin gue minjem laptopnya. Saat itu gue langsung mutusin mulai dengan mengetik bab satu sampai tiga. 

Waktu itu pengumpulan tinggal tiga hari. Selama tiga hari itu pun gue gak tidur, dalam dua hari hanya mandi sekali (itupun karena harus pergi bimbingan skripsi) dan tragisnya.. Bayangin aja,, selama tiga hari gue gak buka twitter ! timeline gue sunyi dan mulai angker.. T______T "okee, ini lebay"  Gue berusaha fokus, gue bertekad untuk mencoba dari pada menyerah duluan ! Temen-temen gue kadang nawarin bantuan atau sekedar nawarin kopi saking prihatinnya mereka karna yang mereka lihat tiap hari dari pagi sampai malam di kamar kost gue adalah mayat hidup yang sedang sibuk depan laptop. Ya, semua gue lakuin buat nebus kesalahan gue dan gue sadar betul yang bisa ngasih kekuatan seperti itu ke gue cuman Tuhan :') 

Malam sebelum hari pengumpulan skripsi, gue di kasih tau kalo batas pengumpulannya ditunda beberapa hari kedepan.. Girang banget gue karna memang skripsi gue masih belum kelar.. "Yaiyalah, ngerjain skripsi cuman tiga hari!" Saat itu gue sadar betul, gue gak melalui semua ini sendiri, ada Tuhan bersama gue. Gue bersyukur banget masih ada kesempatan yang Ia kasih ke gue buat selesein skripsi gue. Paginya gue pun pergi ke dosen pembimbing, nunjukkin hasil kerja gue dan minta rekomendasi untuk sidang.. 

Saat liat skripsi gue, dia kaget dan sambil mangap membaca tiap lembarnya. Ya, sebenarnya dari dua bulan lalu ketika ijin pengambilan data gue susah sekali diberikan, dia sudah pesimis dan nyaranin gue buat tunda penyelesaian skripsi gue semester depan. :') Awalnya dia masih gak percaya dan sempat marahin gue karna gak pernah kabarin atau datang bimbingan, tapi dia juga senang sama kerjaan gue karna kesalahan seperti penulisan, daftar pustaka, spasi serta judul skripsi tidak dia temukan. Dan.. sewaktu dia liat bab empat gue, sambil senyum spontan dia bilang "Ini sih kamu siap sidang yan.." Itu pun gue  belum sempat nanya apakah gue bisa sidang nanti.. Saat itu, detik itu, gue terdiam.. Rasa syukur yang mengiringi ucapan terima kasih gue kepada dosen pembimbing gue saat itu melebihi besarnya rasa penyesalan gue selama ini. :')

Setelah dari dosen, gue pun pulang untuk lanjutin bab empat skripsi gue. Diperjalanan pulang gue berpikir akan orang tua gue, bagaimana keadaan mereka disana dan gimana biaya sidang dan wisuda gue nanti. Sampai di kos gue berdoa agar lebih tenang dan fokus sebelum mulai merampungkan bab empat gue. Saat tengah mengerjakan skripsi, orang tua gue telpon.. Dan papa gue  bilang..

"Den, tenang saja.. Jangan patah semangat, jangan takut.. Papa dan mama tetap berdoa buat skripsi Deni.. Lakukan bagianmu dan Tuhan pun akan lakukan bagian-Nya. Oh iya, soal biaya nanti Deni tenang saja..Amannn.. Tuhan sudah kasih jalan keluar, papa dapat proyek baru.. Jadi jangan lupa berdoa bilang terima kasih ke Tuhan ya.. Jaga kesehatan, Tuhan berkati..

*nulis ini gue mau nangis* 

Spontan gue meluk skripsi, air mata gue netes lagi.. Kali ini gue nangis sejadi-jadinya.. Ya, liat hard copy skripsi yang tadi di revisi gue nangis, pas mulai ngetik pun gue juga nangis.. Gue nangis penuh syukur :')

Singkat cerita, skripsi gue pun dikumpulin tepat waktu dan.. Ya, gue siap sidang. :') Setelah ngumpulin skripsi, gue bertemu dengan adek-adek kelas gue di lift. Kompak mereka bilang "Ciee, ciee.. Yang siap sidang, Yang skripsinya bagus.. Ajarin dong qaqah.." Yap gue kaget. Apa di lift ini cuma gue yang waras ?! Apa mereka belum tahu kalo gue sekarang jomblo ?! Apa adek-adek kelas gue ini salah orang ?! *histeris di lift* Ternyata dosen pembimbing gue yang juga ngajarin mereka cerita tentang skripsi gue di kelas.. Gue kaget kemudian senyam-senyum sendiri.. Saat itu gue sadar bahwa Tuhan gak pernah permalukan anak-anak-Nya.. Ia tidak pernah memberikan ujian melebihi kapasitas kita, Ia memberikan teguran karena Ia sayang sama kita dan.. Ia percaya bahwa sebenarnya kita mampu :') 

Lewat pengalaman ini gue merasa dikuatkan setiap mengalami masalah, gue jadi gak ragu akan pertolongan Tuhan. Gue juga berterima kasih kepada Tuhan karena dengan adanya proses hidup seperti ini, sifat gue yang cuek, manja, egois, temperamen dan angkuh bisa gue rubah perlahan. Pola pikir gue sekarang pun lebih baik, gue menjadi orang yang lebih siap menghadapi masalah. Jauh berbeda dengan diri gue yang dulu. Thank God :)

Akhirnya sidang skripsi terlewati dengan baik dan gue bersyukur dengan hasi yang gue dapat. Tapi kisah hidup bukanlah seperti cerita dongeng yang akan selalu happy ending.. Proses masih terus berlanjut selama kita hidup.. 
Buat brosis yang lagi bingung, sedih atau galau dengan masalah hidup yang dialami, mungkin dengan masa depan, keluarga, sahabat, pekerjaan atau pendidikan, tetap percaya ya.. Tuhan itu gak diam kok.. :) Kan Dia udah bilang, mintalah maka akan diberikan kepadamu.. Tuhan tidak mengajarkan kita menjadi tukang minta-minta, tapi Ia mau kita bekerja dengan usaha terbaik agar kita menjadi pantas menerima pemberian terbaik dari-Nya :') 

Gue percaya masing-masing kita akan diproses Tuhan dengan cara-Nya sendiri.. Besar kecilnya masalah atau sulit mudahnya proses yang kita jalani tidaklah penting.. Yang penting adalah seberapa besar keyakinan lo akan cinta kasih-Nya.. So, keep calm.. Apapun masalah atau proses hidup yang kita jalani sekarang atau nanti.. Tetap bersyukur karna Tuhan masih mau menegur kita.. Jangan pesimis duluan kayak gue, apalagi nyerah sebelum mencoba.. Pikirkan apa maksud Tuhan dari semua yang terjadi.. Apa yang Tuhan ingin dari kita.. :)

Mudah-mudahan pengalaman gue bisa membantu dan mungkin kita saling menguatkan satu sama lain.. 

Ooiya, cuma ngingetin aja.. Keluarga dan sahabat itu titipan Tuhan ke kita untuk kita jaga, untuk kita sayangi.. Jangan kecewakan mereka. :)

God bless ~

10 komentar:

Unknown mengatakan...

Terharu membaca postingan kak Deni (nama disamarkan).
bikin ingetin aku kemaren waktu kerjain skirpsi, di detik2 terakhir.
prosesNYA memang T.O.P BGT!

Admin mengatakan...

asoyy :)

Ryan Daniel de Fretes mengatakan...

Huahahaa.. thankyou eka .. thankyou slimshady ..

Unknown mengatakan...

Wow bgt baca tulisannya opa deni :)
Kenapa:
1. Kaget pas baca tulisan "mabuk-mabukkan".. Emg iya?? :D :p
2. Zn sangka kalo opa deni punya mslh kek gitu.. Tapi salut sama opa yg bisa tetap fighting.. Pengalaman mmg guru plg baik.. :) keep growing ya..
3. Menginspirasi diriku yg lgi PDKT sama skripsi.. Dan skripsi yg mirip sama judul yg mau di tulis tebalnya ngalah2in kamus yg tebal bgt.. Semoga pcran sama skripsi gak awet ya.. Cepet2 putus.. :D hahaha..
4. Suka baca tulisannya opa deni.. Di tunggu tulisannya yg baru ya opa.. )

Ryan Daniel de Fretes mengatakan...

Errrr.. Deni cuma untuk orang rumah ya.. :p

masih ingat dimas b teman ? tanya dia aja b semasa skripsi itu gimana.. wkwk :)

amin.. cepet putus ya..

dankee.. siipp :)

Unknown mengatakan...

Opa deni jgn mrh2.. :p

Oh iaiaia.. Ingat..
Wow bgt ya opa deni nii... :)

Ryan Daniel de Fretes mengatakan...

Aku gak marah.. Aku orangnya pasrah.. :p

Unknown mengatakan...

nangis gue gan baca cerita ini,,,

Ryan Daniel de Fretes mengatakan...

ya mudah"an bermanfaat gan..

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar