Blogger Widgets

Selasa, 04 Desember 2012

Tips Mengatasi "Homesick Attack" Bagi Anak Kost di Bulan Desember.

Gak terasa udah nyampe bulan Desember aja, gilaaaa bentar lagi 2014 !! Piala duniaaaa !! Indonesiaaa !! Garudaaa !! 




#SalahFokus #MencobaOptimis #Ngimpi ....

Oke, bulan Desember memang selalu buat gue jadi kurang fokus. Tapi bulan Desember sangat spesial karena sebagai anak kost, gue bahagia banget kalau bulan November udah selesai.. Gue pasti mulai sering mual, muntah, trus diperut kayak ada yang nendang-nendang gitu.. *jangan tanya hubungan antara bulan Desember dengan gejala hamil bagi anak kost* #MasihSusahFokus.. 

Maksud gue, saat masuk bulan Desember gue pasti langsung menghayal akan balik ke Ambon, kumpul bareng keluarga, pergi ke gereja sama-sama, pake pakaian yang warnanya sama (serius),  berdoa trus sharing pengalaman selama setahun pas malam natal (favorit), reunian bareng teman-teman sekolah dulu dan akhirnya  balikan sama mantan (mohon jangan ditiru).. *galau sejenak* T_____T


Lanjoooot..


"Semoga bisa natalan bareng pacar keluarga di Ambon. #DesemberWish".. Kalimat ini adalah salah satu tweet gue menyambut datangnya bulan Desember, bulan yang penuh damai bagi setiap umat Kristen karena Juruselamat kita Yesus Kristus turun ke dunia sebagai anak manusia demi menyelamatkan kita umat-Nya dari maut :')
Namun.. Buat gue sebagai anak kost, bulan Desember itu punya arti dan makna tersendiri. Gue pun memahami bahwa temen-temen gue sebangsa anak kost yang lain memaknai bulan Desember dengan kondisi mereka masing-masing.. Maknanya sendiri beragam. 

Bagi yang merayakan bersama keluarga dan teman-teman, bulan Desember jadi bulan yang penuh kebahagiaan dan natal pun terasa sempurna bersama keluarga, pacar dan teman-teman. 

Bagi yang gak bisa pulang kampung halaman karena tuntutan pekerjaan atau tuntutan pendidikan, bulan Desember jadi bulan paling nyesek ! Bayangin aja, yang lain lagi sibuk hias pohon natal, belanja, buat kue bareng keluarga, lo masih gigit bolpen depan laptop, depan tumpukan kertas.. Kalau udah kena homesick attack gimana mau fokus coba.. #Nyesek T_____T 

Dan parahnya..

Bagi para anak kost penikmat LDR (Letih Disiksa Rindu) yang gak bisa pulang kampung dan natalan bareng pacar, bulan Desember mungkin jadi bulan paling galau.. Gak kebayang deh galaunya tingkat apa tuh.. Galau mikirin pacar yang kita sendiri tak tahu pasti apakah dia benar-benar merayakan natal bersama keluarganya saja atau juga bersama selingkuhannya.. Parah kan ??? Eit, bukan cuman itu.. Bulan Desember pun akan terasa nyesek banget ketika lo hanya bisa diem di kamar pas malam natal dan ngabisin tisu indomaret karena merindukan keluarga plus pacar.. Asli serem !! 




Ketika galau dan nyesek bersetubuh bersatu.. 

Nah, menyadari fenomena absurd tersebut, gue bakal ngasih tips mengatasi homesick attack dan kegalauan berlebihan buat brosis, khususnya buat teman-teman sebangsa anak kost yang gak bisa pulang kampung merayakan natal bersama keluarga, pacar dan teman nanti.. Gue memang belom pernah ngerasain natal sendiri dan jauh dari keluarga. Tips ini gue buat berdasarkan pengalaman temen-temen gue sebangsa anak kost yang sudah sering ngerayain natal sendiri di tanah rantau.. Cekidot. ^^


1. Kurangi konsumsi lagu natal.






Emang gak bisa bohong kalo lagu (musik) bisa ngefek banget ke perasaan bahkan lagu pun bisa ngatur suasana perasaan kita.. Karena itu gue saranin buat teman-teman sebangsa anak kost yang gak pulang nanti, mendingan hindari konsumsi lagu natal, apalagi pas lo lagi sendiri.. Beh, galaunya gak nyantaiiii.. 

So, mikir lagi deh kalo mau muterin lagu natal.. Temen-temen gue yang udah sering natalan jauh dari keluarga pun masih aja galau tiap dengerin lagunya Mariah Carey - All I Want For Christmas Is You.. Ditambah musim hujan di bulan Desember yang semakin menambah kesan "mendung dan kelabu".. 
Jadi, dalam memilih lagu, brosis harus lebih bijak juga ya, karena lagunya John Mayer dan lagunya Rhoma Irama sungguh punya efek tekanan batin yang tak sama.. Setidaknya dengan memilih lagu yang tepat, brosis bisa mengurangi perasaan sedih, kangen dan kesepian yang dirasakan saat merayakan natal di tanah rantau :')


2. Cari tahu dan bergabunglah bersama teman-teman sebangsa anak kost yang bernasib sama.


Bersatu kita teguh.. Bercerai kita rapuh.. #CumaSedikitImprovisasiBiarGakBasi  

Nah, tips kedua ini memang cukup ampuh untuk mencegah kegalauan brosis semakin menjadi-jadi.. Biasanya kegalauan gak bakal bertahan lama dalam kebersamaan.. Jadi, brosis bisa mulai cari tahu siapa aja dari temen-temen yang juga bernasib sama.. Kemudian mulailah merancang agenda natal bersama.. Banyak kok kegiatan yang bisa dilakuin bersama.. 

Dan kalo udah ngumpul bareng nih ya, ngerumpi atau ngegosip buat para cowok dan PSan atau futsalan buat para cewek, dijamin deh pasti lupa waktu.. *berasa ada yang salah, tapi mungkin perasaan gue aja* .. 
Yang jelas bukan cuma lupa waktu, tapi lupa makan, tidur, mandi dan mungkin bisa lupa pacar buat yang LDR..  Uhuk ~




Kita lupa ngerjain PR tanteee.. 

3. Siapin camilan, dvd atau bahan bacaan.

Tips ketiga merupakan tips untuk mengantisipasi jika tips kedua tidak berhasil.. Atau mungkin karena brosis merupakan salah satu fans fanatiknya Limbad yang ngomongnya aja kalah sering sama adegan ciuman Bella dan Edward di Breaking Dawn Part 2. Atau jika brosis lebih suka menyendiri dan males ngumpul bareng temen, tips ini bisa jadi solusi. 

Sendirian di kamar kost bukan berarti gak ada yang bisa dilakuin kan ~ Tips ini memang sering gue lakuin untuk mengatasi kegalauan gue di malam minggu.. Brosis pasti ngerti lah, status gue sebagai *j*om*bl*o mengharuskan gue selalu siaga menjelang malam minggu.. :')





Coba tebak, dia lagi megang apaa ~ 

Beli aja camilan yang banyak.. Nah sebagai anak kost, agar gak boros dan tetap hidup di tanggal tua, brosis bisa beli kerupuk upil yang banyak di warung dan kecap sachet di indomaret terdekat biar lebih irit.. *meskipun endingnya tetap boros buat bayar rumah sakit* ..

Bukan cuma camilan, brosis juga bisa beli dvd atau bahan bacaan seperti majalah. Akan tetapi bijaklah memilih dvd atau majalah yang akan brosis beli.. Bayangin aja pas sendiri di kamar kos waktu malam natal, diluar hujan deras dan brosis di kamar sendirian nonton serial Dora The Explorer atau yang brosis baca adalah majalah Trubus yang ada bonus tutorial proses persilangan pohon pisang dan pohon tomat.. Beh,, bukan cuma hidup yang terasa membosankan banget tapi gue yakin brosis pun akan bosan untuk hidup.. Dih, ngeriii ~

So.. Semakin bijak kita memilih, semakin positif pula dampak yang kita peroleh.


4. Shopping 




Awalnya gue berpikir tips ini cewek banget.. Tetapi setelah gue telaah kembali dengan seksama di hari selasa, gue sadar bahwa di era menjamurnya boyband dan girlband ini, banyak hal menjadi gampang goyah. Bukan hanya iman seorang LDR saja, status Queen of Shopping pun mulai goyah seiring munculnya para King of Shopping.. Ya, mereka para pria yang kelelakiannya memudar semenjak efek pemanasan global semakin nyata kita rasakan..

Pergi shopping atau nge-mall memang ngabisin duit dan waktu, tapi selalu ada kenikmatan tersendiri saat kita dapat memanjakan diri.. Shopping bisa jadi pilihan  jitu buat lo yang ingin mengurangi perasaan galau dan kesepian.. Juga bagi yang ingin mengurangi ketebalan dompet.. Huhuhu ~ 
Tapi sudahlah, untuk sebuah kebahagiaan pasti akan selalu ada "harga" yang harus dibayar.. :)


5. Tidur lebih awal. 




Mimpi basah .. 

Nah ini merupakan tips terakhir dan tips paling irit.. #MentalAnakKost Tidak perlu shopping atau pergi jalan-jalan bareng.. Cukup dengan tidur lebih awal aja.. Tips ini bisa jadi solusi buat brosis yang males ngapa-ngapain dan takut galau menghadapi malam natal.. 

Berdasarkan pengalaman temen-temen gue yang sudah berulang kali galau di malam natal, tidur lebih awal memang mereka praktekin pas malam natal. Kata mereka sih cuek aja mah, langsung tidur biar gak kepikiran juga.. Memang klimaks kegalauan natal buat anak kost yang gak pulang kampung adalah saat malam natal.. So, brosis jangan ragu untuk mencoba tips ini jika galau masih belum teratasi.. 


Nah, sampe disini aja dulu postingan gue kali ini.. Mudah-mudahan yang gue tulis ada manfaatnya. Jika brosis punya tips yang lain dan ingin berbagi pengalaman langsung dikomen aja ya..

Intinya, bahagia itu sederhana kok.. Bisa dimana aja, kapan aja dan sama siapa aja.. 

Akhir kata, semoga bulan Desember dan natal tahun ini bisa kita nikmati dengan penuh damai dan ucapan syukur.. :)

Udah pagi, waktunya tidur.. Ngantuk gilak! 

2 komentar:

Christy Natalia Pentury mengatakan...

wakakaka...
kalo dari segi isi, jelas membantu, terutama bagi yang natalan di luar rumah.. alias "out of ur hometown".. tp, menurutku.. natal itu bukan hanya karena dirumah, tp gimana kita memaknainya.. aku bersyukur banget selama beberapa tahun ini, meskipun aku kuliah dan kerja diluar kota kelahiranku, namun aku hanya 1 kali merayakannya tanpa keluarga.. thats because, mamaku selalu mengharuskanku pulan untuk merayakan natal bersama....
so...here I am, work in another city of Indonesia, but always back home for christmas celebratory!

that's my story, of course!


yang kedua yg ingin saya komentari mengenai penggunaan kata-kata yang monoton, membuat saya ngantuk dan bosan lama2... bukan menghina ya bro, but just mengkritik dan memberikan sarann..
ada baiknya, sebelum posting blog, diketik dulu di halaman word, kemudian setelah instingmu menunjukkan untuk berhenti menulis, maka berhentilah... baca ulang dari awal tulisanmu, lalu rasakan apa yang dirasakan para pembaca blogmu ini.. biar ga bosen dan bisa jadi masukan buat mereka...
oke bro?!?!?!? just a comment! don't think over this! hehe.. take it, or leave it behind u...

waiting for ur next aricle. be wise.. God be with u

Ryan Daniel de Fretes mengatakan...

aaa.. NICE COMMENTS !! Yeah, i knew it and i'll fix it .. Hopefully, the next post could be better .. thx kittylinox ^^

may Force be with you.. *sarungin pedang laser*

hehehee..

Posting Komentar